Kamis, 07 Juli 2011

BAHASA PASCAL

A. Sejarah Bahasa Pascal


Bahasa Pascal di desain pertama kali oleh Prof. Niklaus Wirth, Dari Polytechnic of Zurich Swiss, pada tahun 1971. pascal di ciptakan sebagai penyederhanaan dari dari bahasa slgol yang sudah ada sejak tahun 1960. Pada saat itu juga sudah ada bahasa FORTRAN, C, Assembler dan COBOL.
Perbedaan mendasar dari pascal adalah digunakanya urutan tertentu pemrograman yang berdasar atas konsep type data yang kuat, memerlukan deklarasi variabel terlebih dahulu dan kendali program yang terstruktur. Bahsa ini di desain sebagai alat bantu pengajaran bagi siswa di kelas / mata kuliah pemrograman (di Polytechnic of Zurich,Swees).
Turbo Pascal (TP) adalah sebuah program compiler Pascal dari Borland International yang dikeluarkan pada tahun 1983, yang merupakan implementasi dar”Pascal User Manual and Report” [Jensen & Wirth]. TP merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer pada komputer-komputer ber-platform PC. TP mengenalkan konsep IDE (Integrated Development Environment), sebuah tampilan / lingkungan dimana programer dapat dengan mudah mengedit kode (dalam editor teks yang kompatible dengan wordstar), menjalankan compiler, melihat kesalahan (bila ada kesa;ahan penulisan kode program) dan dapat ’meloncat’ ke baris dimana kesalahan itu ada. Pada saat itu, untuk memperbaiki kesalahan, seorang programmer harus keluar dari editor, kembali ke DOS, menjalankan compiler, menuliskan kesalahan, membuka kembali editor dst, namun sekarang kita dapat menggunakan versi for windows dimana pengeditan lebih mudah dilakukan, misalnya TPW 1.5


B. Defenisi Algoritma

ALGORITMA adalah suatu urutan langkah-langkah (Steps) Yang disusun secara logis untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan komputer.
Dengan kriteria sebagai berikut :
1. Setiap langkah/Step harus jelas dan pasti (Definite)
2. Diperbolehkan tanpa ada input tetapi minimal harus ada 1 output.
3. Jumlah langkah harus berhingga atau dengan kata lain harus ada stopping criteria.
4. Ditulis dengan format yang mudah dipahami sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
5. Logika yang benar dan terstruktur dan semua operasi terdefensi dengan jelas.

UNTUK LEBIH LENGKAP DOWNLOAD JA DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar